Kamis, 17 Januari 2013

makalah tauran pelajar

Makalah Tawuran Pelajar


http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQjkf2Z7yDrNRkBVJiGkQpMAIQ7lJC7OHRKn5MhACTCS6yNiw1iFmLdWabg

























ANGGOTA KELOMPOK :
MUHAMAD ASNAWI
ANDREANSYAH
DESI
LUSI WULANDARI
YAYAN RUKMINI
Daftar Isi












Bab I

Pendahuluan


Latarbelakang

Maraknyatingkahlakuagresifakhir-akhirini yang dilakukankelompokremajakotamerupakansebuahkajian yang menarikuntukdibahas. Perkelahianantarpelajar yang padaumumnyamasihremajasangatmerugikandanperluupayauntukmencari jalankeluardarimasalahiniatausetidaknyamengurangi.

Identifikasimasalah

Kekerasansudahdianggapsebagaipemecahmasalah yang sangatefektif yang dilakukanolehpararemaja. Hal iniseolahmenjadibuktinyatabahwaseorang yang terpelajar pun leluasamelakukanhal-hal yang bersifatanarkis, premanis, danrimbanis. Tentusajaperilakuburukinitidakhanyamerugikan orang yang terlibatdalamperkelahianatautawuranitusendiritetapijugamerugikan orang lain yang tidakterlibatsecaralangsung.

Rumusanmasalah

        Dari latarbelakangmasalah di atasmaka yang menjadipermasalahandalam penelitianiniadalahapakahadaperanpersepsikeharmonisankeluargadankonsepdiriterhadapkecenderungankenakalanremaja.

Tujuanpenelitian

Untukmengetahuiperan Serta keharmonisankeluarga, guru danPemerintahterhadapkecenderungankenakalanremajakhususnyaTawuranantarpelajardancaramengatasiTawuranantarpelajar.

Manfaatpenelitian

        Agar mengetahuikenapasekarangbanyaksiswa-siswa yang tawurandanapapenyebab, akibat yang ditimbulkanolehtawuran.


Bab ll. Pembahasan


1.      Faktor- faktor yang menyebabkantawuranpelajar

Berikutiniadalahfaktor-faktor yang menyebabkantawuranpelajar,
diantaranya :

a. Faktor Internal

Faktor internal initerjadididalamdiriindividuitusendiri yang berlangsungmelalui proses internalisasidiri yang kelirudalammenyelesaikanpermasalahandisekitarnyadansemuapengaruh yang datangdariluar. Remaja yang melakukanperkelahianbiasanyatidakmampumelakukanadaptasidenganlingkungan yang kompleks.Maksudnya, iatidakdapatmenyesuaikandiridengankeanekaragamanpandangan, ekonomi, budayadanberbagaikeberagamanlainnya yang semakin lama semakinbermacam-macam. Para remaja yang mengalamihaliniakanlebihtergesa-gesadalammemecahkansegalamasalahnyatanpaberpikirterlebihdahuluapakahakibat yang akanditimbulkan. Selainitu, ketidakstabilanemosipararemajajugamemilikiandildalamterjadinyaperkelahian.Merekabiasanyamudahfrustasi, tidakmudahmengendalikandiri, tidakpekaterhadap orang-orang disekitarnya.Seorangremajabiasanyamembutuhkanpengakuankehadirandirinyaditengah-tengah orang-orang sekelilingnya.

b. FaktorEksternal

Faktoreksternaladalahfaktor yang datangdariluarindividu, yaitu :

1.      FaktorKeluarga

Keluargaadalahtempatdimanapendidikanpertamadariorangtuaditerapkan.Jikaseoranganakterbiasamelihatkekerasan yang dilakukandidalamkeluarganyamakasetelahiatumbuhmenjadiremajamakaiaakanterbiasamelakukankekerasankarenainilahkebiasaan yang datangdarikeluarganya. Selainituketidakharmonisankeluargajugabisamenjadipenyebabkekerasan  yangdilakukanolehpelajar. Suasanakeluarga yang menimbulkan rasa tidakamandantidakmenyenangkansertahubungankeluarga yang kurangbaikdapatmenimbulkanbahayapsikologisbagisetiapusiaterutamapadamasaremaja.
MenurutHirschi (dalamMussendkk, 1994). Berdasarkanhasilpenelitianditemukanbahwasalasatu penyebabkenakalanremajadikarenakantidakberfungsinya orang tuasebagai figure teladan yang baikbagianak (hawari, 1997)Jadidisinilahperanorangtuasebagaipenunjukjalananaknyauntukselaluberprilakubaik..

2.      FaktorSekolah

Sekolahtidakhanyauntukmenjadikan  parasiswapandaisecaraakademiknamunjugapandaisecaraakhlaknya . Sekolahmerupakanwadahuntukparasiswamengembangkandirimenjadilebihbaik.Namunsekolahjugabisamenjadiwadahuntuksiswamenjaditidakbaik, halinidikarenakanhilangnyakualitaspengajaran yang bermutu.Contohnya  disekolahtidakjarangditemukanadaseorang guru yang tidakmemilikicukupkesabarandalammendidikanakmuruidnyaakhirnya guru tersebutmenunjukkankemarahannyamelaluikekerasan. Hal inibisasajaditiruolehparasiswanya.Laludisinilahperan guru dituntutuntukmenjadiseorangpendidik yang memilikikepribadian yang baik.

3.        FaktorLingkungan

Lingkunganrumahdanlingkungansekolahdapatmempengaruhiperilakuremaja.Seorangremaja yang tinggaldilingkunganrumah yang tidakbaikakanmenjadikanremajatersebutikutmenjaditidakbaik. Kekerasan yang seringremajalihatakanmembentukpolakekerasandipikiranpararemaja. Hal inimembuatremajabereaksianarkis.Tidakadanyakegiatan yang dilakukanuntukmengisiwaktusenggangolehparapelajardisekitarrumahnyajugabisamengakibatkantawuran.

2. Hal yang menjadipemicutawuran

Takjarangdisebabkanolehsalingmengejekataubahkanhanyasalingmenatapantarsesamapelajar yang berbedasekolahan.Bahkansalingrebutanwanita pun bisamenjadipemicutawuran.Dan masihbanyaklagisebab-sebablainnya.

3.         Dampakkarenatawuranpelajar

a.Kerugianfisik, pelajar yang ikuttawurankemungkinanakanmenjadikorban. Baikitucederaringan, cederaberat, bahkansampaikematian
b.Masyarakatsekitarjugadirugikan. Contohnya :rusaknyarumahwargaapabilapelajar yang tawuranitumelemparibatudanmengenairumahwarga
c.Terganggunya proses belajarmengajar
d.Menurunnyamoralitasparapelajar
e.Hilangnyaperasaanpeka, toleransi, tenggang rasa, dansalingmenghargai

4.         Hal-hal yang dapatdilakukanuntukmengatasitawuranpelajar

a.Memberikanpendidikan moral untukparapelajar
b.Menghadirkanseorangfigur yang baikuntukdicontoholehparapelajar. Sepertihadirnyaseorang guru, orangtua, dantemansebaya yang dapatmengarahkanparapelajaruntukselalubersikapbaik
c. Memberikanperhatian yang lebihuntukpararemaja yang sejatinyasedangmencarijatidiri
d.Memfasilitasiparapelajaruntukbaikdilingkunganrumahataudilingkungansekolahuntukmelakukankegiatan-kegiatan yang bermanfaat  diwaktuluangnya. Contohnya  :membentukikatanremaja masjid ataukarangtarunadanmembuatacara-acara yang bermanfaat, mewajibkansetiapsiswamengikutiorganisasiatauekstrakulikulerdisekolahnya


Bab lll. Kesimpulandan Saran

1.      Kesimpulan

Faktor yang menyebabkantawuranremajatidaklahhanyadatangdariindividusiswaitusendiri.Melainkanjugaterjadikarenafaktor-faktor lain yang datangdariluarindividu, diantaranyafaktorkeluarga, faktorsekolah, danfaktorlingkungan.
Para pelajar yang umumnyamasihberusiaremajamemilikikencenderunganuntukmelakukanhal-haldiluardugaan yang manakemungkinandapatmerugikandirinyasendiridan orang lain, makainilahperanorangtuadituntutuntukdapatmengarahkandanmengingatkananaknyajika sang anaktiba-tibamelakukankesalahan. Keteladananseorang guru jugatidakdapatdilepaskan. Guru sebagaipendidikbisadijadikaninstrukturdalampendidikankepribadianparasiswa agar menjadiinsan yang  lebihbaik.
Begitupundalammencaritemansepermainan.Sang anakharuslahdiberikanpengarahandari orang dewasa agar mampumemilihteman yang baik.Masyarakatsekitar pun harusbisamembantupararemajadalammengembangkanpotensinyadengancaramengakuikeberadaanya.

2.      Saran

Dalammenyikapimasalahremajaterutamatentangtawuranpelajardiatas, kamimemberikanbeberapa saran.Diantaranya :
a.Keluargasebagaiawaltempatpendidikanparapelajarharusmampumembentukpolapikir yang baikuntukparapelajar
b.Masyarakatmestimenyadariakanperannyadalammenciptakansituasi yang kondusif
c. Lembagapendidikan formal sudahsemestinyamemberikanpelayanan yang baikuntukmembantuparapelajarmengasahkemampuandanmengembangkansegalapotensi yang adadidalamdirinya

 

DaftarPustaka

sumber :











Tidak ada komentar:

Posting Komentar